TEKNIK ANIMASI 2D DENGAN TWEENING
TEKNIK ANIMASI 2D DENGAN TWEENING
KD
3.3 MENERAPKAN TEKNIK ANIMASI 2D
4.3 MEMBUAT ANIMASI 2D MENGGGGUNAKAN TEKNIK TWEENING
A) Pengertian Tweening
Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi Adobe Flash merupakan software animasi yang memiliki tools yang sangat memungkinkan untuk membuat animasi dua dimensi sesuai dengan yang diinginkan. Hampir seluruh animasi yang dibuat melalui aplikasi Adobe Flash menggunakan proses yang disebut dengan tweening
Tweening adalah sebuah proses pembuatan gerak animasi yang berorientasi pada perubahan bentuk atau posisi objek yang ditandai oleh keyframe awal dan akhir sehingga membentuk frame frame baru. Fungsi tweening itu sendiri adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik berikutnya.
Ada dua jenis tweening yang dapat dibuat dengan aplikasi Adobe Flash, yaitu motion tween dan shape tween. Perbedaan antara keduanya sangat jelas, yaitu motion tween beroperasi pada objek-objek yang telah berbentuk grup atau simbol. Sementara itu, shope tween beroperasi pada objek-objek yang bukan berbentuk grup atau simbol.
Animasi motion tween digunakan jika Anda ingin membuat animasi dengan gerakan yang teratur. Dalam membuat animasi dengan motion tween, Anda tak perlu membuat gerakan dengan cara frame by frame. Namun, cukup dengan membuat gerakan pada frame awal dan akhir saja. Hal ini akan membuat waktu kerja yang lebih singkat dan dapat meminimalkan ukuran file.
B) Simbol
Setiap simbol memiliki timeline dan juga stare masing-masing terdapat di dalamnya. Untuk membuat simbol, terlebih dahulu Anda buat sebuah objek, lalu ubah ke simbol dengan cara pilih Modify lalu Convert to Symbol. Untuk mengubahnya, Anda diberikan tiga opsi perubahan, yaitu Movie Clip, Button, dan Graphic.
Movie Clip Symbol digunakan untuk membuat animasi yang dapat dilakukan berulang-ulang. Movie Clip memiliki timeline tersendiri yang independen terhadap timeline utama. Pada Movie Clip ini, Anda dapat menambahkan kontrol interaktif, suara, bahkan movie clip lainnya.
Button Symbol digunakan untuk membuat tombol interaktif yang merespons terhadap klik pada mouse, rollover, atau semacamnya.
Gambar 3.1 Convert to Symbol
С. Animasi Frame by Frame
Animasi frame by frame mengubah isi pada stage setiap frame-nya. Animasi frame by frame ini paling baik untuk digunakan dalam pembuatan animasi yang sangat kompleks.
Ukuran file dari animasi frame by frame ini tentu lebih besar dari pada animasi tween karena pada animasi frame by frame file setiap frame akan tersimpan.
Untuk membuat animasi frame by frame, Anda harus membuat keyframe pada setiap frame dari awal animasi hingga akhir animasi selesai. Keyframe adalah suatu frame yang digunakan sebagai tanda ataupun acuan perubahan pada animasi. Untuk membuat keyframe, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1. Klik satu frame kosong pada layer di timeline.
2. Pilih Insert - Timeline - Keyframe untuk membuat satu keyframe, yang pada stage berisi sama dengan keyframe terakhir (bentuk keyframe berupa titik berwarna hitam penuh).
3. Pilih Insert - Timeline - Blank Keyframe untuk membuat satu keyframe. Dalam hal ini, stage pada kondisi kosong (bentuk keyframe pada layer berupa titik berwarna putih).
Motion tween terbentuk dengan menentukan nilai properties pada sebuah simbol, objek yang telah di-group, ataupun teks pada sebuah keyframe, lalu mengubah nilai properties tersebut pada keyframe berikutnya. Animasi dengan motion tween dapat berupa perubahan posisi, warna, perputaran; sampai alpha channel. Berikut adalah langkah-langkah membuat motion tween.
1. Pada frame 1, buatlah sebuah objek bebas seperti rectangle, dan oval.
2. Pada frame 40, buatlah sebuah frame baru dengan cara klik Insert - Timeline - Frame atau tekan tombol F5 pada keyboard.
Gambar 3.2 Insert frame.
3. Klik kanan pada mouse, lalu pilih opsi Create Motion Tween. Pada versi Adobe Flash CS4 ke atas, penggunaan tweening bisa menggunakan pilihan Create Motion Tween atau Create Classic Tween. Namun, penggunaan Create Classic Tween lebih disarankah karena terdapat tanda/gambar panah untuk menandakan ada animasi pada frame tersebut. gambar 3.3 Create Motion Tween
Sumber dokumen penulis
Gabung dalam percakapan