selamat datang Test link

Komunikasi Daring


1. Jenis Komunikasi Daring 

    Komunikasi adalah metode menyampaikan ide atau gagasan kepada orang lain melalui media tertentu. Salah satu teknologi yang memiliki peran penting dalam komunikasi adalah internet. Dengan internet, komunikasi dapat dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Contoh penggunaan internet adalah browsing, chatting, video call, e-mail, dan lainnya. Model komunikasi daring dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.
a. Komunikasi daring secara sinkron (serempak)
    Komunikasi daring secara sinkron adalah jenis komunikasi digital yang dilakukan dalam waktu yang bersamaan oleh pengirim data dan penerima data (real-time). Contohnya, chatting, teleconference, video conference, dan lainnya.
b. Komunikasi daring secara asinkron (tidak serempak)
    Komunikasi daring secara asinkron adalah jenis komunikasi digital yang dilakukan secara tidak langsung atau mengalami masa jeda (tunda). Contohnya, diskusi pada sebuah forum seperti Linux yang tidak langsung mendapatkan tanggapan secara real- time. Agar komunikasi daring dapat berjalan dengan baik, ada beberapa persyaratan komponen yang harus dipersiapkan, antara lain hardware. software, brainware, dan saluran transmisi (internet)

2. E-mail


    E-mail merupakan kependekan dari electronic mail. Dalam bahasa Indonesia, e-mail dapat dikatakan sebagai surat elektronik atau surel. Dengan e-mail, user dapat melampirkan beberapa file, seperti teks, file audio, video, dan jenis file
lainnya secara cepat melalui internet. Teknologi ini mulai menggantikan peran pengiriman surat melalui kantor pos.
Dalam membuat e-mail, Anda harus melampirkan informasi data yang jelas seperti nama depan, nama belakang, username dan password untuk login, tanggal kelahiran, jenis kelamin, nomor telepon, alamat e-mail lain, serta alamat pemilik e-mail. Alamat e-mail biasanya unik dan dipastikan tidak memiliki duplikat di tempat lainnya. Format alamat e-mail memiliki struktur sebagai berikut:
a. Akun e-mail@server.domain, misalnya: smkbisa@gmail.com
b. Penjelasan dari format alamat e-mail tersebut adalah sebagai berikut.
smkbisa@gmail.com adalah identitas atau akun e-mail yang terdaftar pada server e-mail.
@menunjukkan format standar alamat e-mail yang merujuk pada pengalamatan sebuah domain tertentu.
gmail merupakan nama provider server e-moil yang menyediakan layanan mail box bagi user yang terdaftar. com merupakan domain paling atas (top domain)

3. Aplikasi Chat


    Saat ini, perangkat smartphone telah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Dalam setiap aktivitas, selalu bersinggungan dengan perangkat tersebut. Salah satu kegunaan smartphone adalah komunikasi dua arah secara real-time, seperti chatting, voice call, dan video call. Banyak aplikasi chatting yang tersedia dan mendukung fitur chatting, video coll, dan voice call yang dapat di-download melalui Google Play Store. Dua di antaranya yang cukup populer adalah aplikasi WhatsApp dan Telegram yang telah dijelaskan dalam buku Simulasi dan Komunikasi Digital. Pada buku ini, Anda akan dijelaskan mengenai aplikasi chatting lainnya, yaitu Hangouts. Google Hangouts merupakan aplikasi komunikasi keluaran Google yang menyediakan fitur chatting, voice call, dan video call. Biasanya, dalam smartphone Android sudah tersedia fitur-fitur Google seperti aplikasi Hangouts. Namun jika belum ada, Anda bisa men-download-nya di Google Play Store secara gratis. Langkah-langkah menginstal dan melakukan chatting dengan Hangouts

4. Membuat blog dengan Blogger

    Teknologi blog diperkenalkan oleh Jorn Barger sekitar tahun 1997 yang dikenal dengan nama "web blog". Dengan web blog, Anda dapat menulis ide, cerita, tutorial, dan pengalamann pribadi secara berkelanjutan agar dapat diakses dan dibaca oleh pengguna lainnya di internet. Pada kali ini, Anda akan belajar membuat blog dengan Blooger.
    Coba Buat website.
1. Buat Nama website nama siswa
2. Buat judul dengan nama siswa
3. Buat menu dengan kriteria, beranda, Profil, Contact, Adress
4. Buat halaman Profil, Contact, Adress
5. Buat Postingan cerita pribadi/novel, Posting video youtube perkenalan pribadi.



About Me