selamat datang Test link

BAB II TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Siswa mampu :
1. Melakukan pencarian informasi di internet
2. Menggunakan aplikasi pengolah kata untuk menyusun instrumen, laporan atau makalah, dan proposal
3. Menerapkan simbol-simbol diagram alir pada perangkat lunak pengolah kata
4. Menggunakan aplikasi spreadsheet untuk menyajikan data dan menyusun proposal atau laporan keuangan
5. Menerapkan operator logika proposional pada perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet)
6. Menggunakan aplikasi presentasi untuk mempresentasikan proposal dan laporan
7. Menggunakan printer dan scanner
8. Mengidentifikasi perangkat fotografi dan videografi
9. Menggunakan perangkat fotografi dan videografi


APERSEPSI


Teknologi informasi dan komunikasi merupakan suatu teknis yang mencakup pengambilan, pemrosesan dan penyampaian informasi. Teknologi informasi dan komunikasi sendiri dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
1. Teknologi informasi yaitu alat atau media yang digunakan untuk mengolah informasi contohnya omputer
2. Teknologi komunikasi yaitu alat atau media yang digunakan untuk memindahkan atau menyampaikan informasi dari sumber ke penerima, contohnya televise atau handphone

Sehingga secara keseluruhan teknologi informasi dan komunikasi dapat diartikan sebagai segala kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengolahan, pemindahan dan penyampaian informasi menggunakan suatu media.

A. MESIN PENCARIAN INFORMASI DIGITAL


Mesin pencari web merupakan layanan computer yg dibuat & dipakai untuk melakukan pencarian data atau liputan yg tersimpan pada layanan www, ftp, publikasi milis & lain lain. Dewasa ini mesin pencari yg telah terdapat antara lain :
1. Google
Informasi digital adalah informasi yang memanfaatkan media atau alat elektronik untuk mendapatkan dan menyampaikan suatu berita, data maupun informasi. Jenis-jenis informasi digital yang sering digunakan yaitu melalui email, chatting, aplikasi pertemuan daring (zoom, google meet) pembahasan lebih lanjut pada bab system komputasi sub bab Google Drive.
2. Aplikasi Percakapan (Chating)
Chatting adalah kegiatan berkomunikasi dan berinteraksi melalui Internet. Dengan fitur ini, Anda dapat mengobrol dengan siapa saja kapan saja, di mana saja. Telegram, Messenger YAHOO, dll adalah contoh penggunaan aplikasinya
3. Aplikasi Pertemuan Online
Aplikasi pertemuan online/teleconference merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengadakan suatu pertemuan atau komunikasi dimanapun dan kapanpun via internet yang tidak mengharuskan anda untuk bertemu langsung satu sama lain. Aneka aplikasi ini memungkinkan banyak tersedia di platform ponsel, desktop, maupun ios. Pembahasan lebih lanjut dibahas pada bab Jaringan Komputer Internet.
4. Latihan Pengetahuan
Dalam pembelajaran sumber belajar bisa didapatkan dari mana saja salah satunya adalah internet. Siswa diminta untuk mencari dan mengirim informasi melalui internet.

B. APLIKASI PENGOLAH KATA

Microsoft word merupakan salah satu perangkat lunak pengolah kata yang masih satu keluarga dengan Microsoft Office. Sejauh ini Microsoft word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang banyak digunakan di hampir semua bidang pekerjaan. Pada Microsoft word anda dapat membuat dokumen, baik dokumen formal maupun non formal dengan sangat mudah. Sebelum anda lebih jauh mempelajari tentang ms word terlebih dahulu anda harus mengetahui fitur-fitur dasar yang terdapat dalam workspace ms. Word 2013 digunakan pada system operasi windows.

1. Fitur Dasar Office Word

Gambar 2 Layout Ms. Word

Sumber : Dokumen Pribadi

No        Fitur                           Fungsi

1

Tittle Bar

Menampilkan nama dokumen yangsedang dibuka

2

Quick Access Tolbar

Kumpulan tombol diantaranya home, save (menyimpan), undo

(mengembalikan tindakan yang sudah dilakukan sebelumnya), dan repeat typing

3

Window

Management

Kumpulan tombol diantaranya windows help, Ribbon display, minimize (meminimalkan halaman dokumen), maximize (memperbesar tampilan dokumen) dan close (menutup dokumen)

4

Ribbon

Kumpulan tab yang berisi tentang home, insert, design, dll

5

Group Ribbon

Kumpulan tab yang berisi beberapa kelompok perintah seperti font, paragraph, dan style

6

Ruller

Mempermudah dalam menyesuaikan dokumen menjadi lebih presisi

7

Scroll Bar

Menggeser tampilan halaman ke atas bawah maupun kanan dan kiri

8

Workspace

Tempat menuliskan dan menampilkan tulisan yang anda buat

9

Page View

Kumpulan tombol yang berisi read more (menampilkan mode baca), Print Layout (tampilan standart dokumen), Webpage layout

(menampilkan dokumen ke mode website/situs), dan zoom control

(digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil tampilan dokumen)

10

Status Bar

Kumpulan tombol yang berisi page number in document (menampilkan halam yang sedang akti dari beberapa halaman dokumen), number of words indocument (menunjukkan jumlah kata yang ditulis dalam dokumen), proofing check (memeriksa ejaan yang salah dalam dokumen)




Dengan adanya fitur-fitur tersebut anda bisa memanfaatkan diantaranya:
a. Font dan Paragraf

Pada tab Home anda akan menjumpai ribbon font dan ribbon paragraph. Ribbon font berisi sekumpulan menu yang dapat anda gunakan untuk merubah dan memodifikasi tulisan, sedangkan pada ribbon paragraph terdapat sekumpulan menu yang dapat anda gunakan untuk mengatur tata letak, jarak dan penomoran pada paragraph.
1) Font
Pada menu font terdapat beberapa menu dengan masing-masing fungsi, antara lain :
a) Font digunakan untuk memilih jenis huruf yang akan anda gunakan

Gambar 3 Menu Font
Sumber : Dokumen Pribadi
b) Font Size digunakan untuk menentukan ukuran huruf
c) Increase font size digunakan untuk memperbesar tulisan 
d) Decrease font size digunakan untuk memperkecil
e) Change case digunakan untuk merubah font menjadi capital semua atau yang lainnya. Shortcut dapat menggunakan SHIFT + F3

Gambar 6 Menu Change
Sumber : Dokumen Pribadi

f) Bold digunakan untuk menebalkan tulisan, shortcut yang digunakan CTRL+B
g) Italic digunakan untuk memiringkan tulisan, shortcut yang digunakan CTRL+I
h) Underline digunakan untuk memberikan garis bawah pada tulisan, shortcut yang digunakan CTRL+U
i) Subscript digunakan untuk pemformatan huruf yang ditulis lebih kecil dan terletak sedikit ke bawah
j) Superscript digunakan untuk pemformatan huruf yang ditulis lebih kecil dan terletak sedikit ke atas

Gambar 7 Menu Pemformatan Text
Sumber : Dokumen Pribadi

k) Text effect dan typography digunakan untuk memberikan gaya dan efek tertentu pada tulisan yang anda buat


Gambar 8 Menu Effect dan Typography
Sumber : Dokumen Pribadi
l) Text highlight color digunakan untuk memberikan warna latar tulisan yang anda buat


Gambar 9 Menu Text Higlight Color
Sumber : Dokumen Pribadi
m) Font color digunakan untuk merubah warna pada text atau tulisan yang anda buat


 3) Find, Replace, Select dan Editing

a) Find digunakan untuk mencari kata atau kalimat yang ingin anda cari pada dokumen yang anda buat tanpa harus scroll ke atas atau bawah. Shortcut yang digunakan CTRL+F
b) Replace digunakan untuk mengganti kata atau kalimat pada halaman dokumen anda buat
c) Select digunakan untuk memilih suatu objek atau kalimat yang terdapat pada dokumen



Gambar 19 Menu Editing
Sumber : Dokumen Pribadi

2. Insert

Di dalam menu insert anda dapat membuat beberapa pekerjaan diantaranya adalah:
a. Table (Membuat dan memodifikasi tabel)
Tabel biasanya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk lajur kolom dan baris secara berurutan, langkah untuk membuat table sebagai berikut:
1) Membuat tabel
a) Pilih menu tab insert 
b) Pilih table
c) Tentukan jumlah baris (row) dan kolom (column) yang kalian ingginkan.

Gambar 20 Membuat Tabel
Sumber : Dokumen Pribadi

Gambar 21 Contoh Hasil Pembuatan Tabel



d) Setelah anda membuat table, anda juga dapat memodifikasi table diantaranya menambahkan baris dan kolom. Untuk menambah baris dan kolom letakkan kursor pada salah satu kolom kemudian klik kanan pilih insert, tambahkan kolom dan baris sesuai dengan kebutuhan



Gambar 22 Menambah Baris dan Kolom Pada Tabel
Sumber : Dokumen Pribadi

e) Insert column to the left digunakan untuk menambahkan tabel pada sebelah kiri
f) Insert column to the right digunakan untuk menambahkan tabel pada sebelah kanan g) Insert rows above digunakan untuk menambahkan baris diatasnya
h) Insert Rows bellow digunakan untuk menambahkan baris dibawahnya
2) Menggabungkan Cell
Menggabungkan cell adalah menggabungkan dua atau lebih cell menjadi satu, langkah-langkah mengabungkan cell adalah sebagai berikut:
a) Pada table berikut, kita tambahkan 1 kolom diatas kolom No sampai nilai harian 1 dan 3

Gambar 23 Contoh Hasil Pembuatan Tabel
Sumber : Dokumen Pribadi
b) Blok cell yang akan anda gabungkan kemudian klik kanan pilih merge cell

Gambar 24 Menggabungkan cell
Sumber : Dokumen Pribadi
c) Untuk mengubah posisi huruf agar center maka blok tulisan tersebut kemudian pilih layout dan klik align center



Gambar 25 Edit Letak Tulisan
Sumber : Dokumen Pribadi
d) Maka hasilnya




Gambar 26 Hasil Akhir
Sumber : Dokumen Pribadi
3) Style Table
Style table dapat digunakan untuk mempercatik table agar terlihat lebih menarik, langkah- langkahnya sebagai berikut:
a) Klik di salah satu table yang akan anda rubah stylenya
b) Pilih tab design dan kemudian pilih salah satu style yang akan anda gunakan


Gambar 27 Menu Design Tabel
Sumber : Dokumen Pribadi

Gambar 28 Hasil Edit Design Tabel
Sumber : Dokumen Pribadi

 4)   Menyisipkan Ilustrasi

Pada ms word untuk menyisipkan berbagai macam ilustrasi seperti pictures, online pictures, shapes, smartart graphic, chart, dan screenshoot dapat dilakukan di tab insert. Langkah-langkah untuk menyisipkan ilustrasi adalah sebagai berikut:
a) Menyisipkan gambar
1. Siapkan teks yang akan kita sisipi gambar

2. Pilih tab insert kemudian pilih jenis ilustrasi yang anda inginkan, disini kita mencoba untuk memasukkan gambar


Gambar 29 Insert Picture
Sumber : Dokumen Pribadi

3. Setelah itu atur tata letak gambar sesuai yang anda inginkan dengan cara klik gabar yang telah kita insert kemudian pilih tab format dan pilih position

Gambar 30 Mengatur Tata Letak Gambar
Sumber : Dokumen Pribadi
4. Jika sudah maka akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini


b. Membuat Grafik/Chart
1) Pilih tab isert kemudian pilih chart, pilih grafik yang anda inginkan

Gambar 32 Macam Pilihan Grafik
Sumber : Dokumen Pribadi
2) Setelah itu isi data pada excel yang sudah disediakan


Gambar 33 Input Data Untuk Grafik
Sumber : Dokumen Pribadi
3) Jika sudah maka akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini


c. Header, Footer, Page Number

1) Header dan Footer
Header dan footer merupakan catatan yang terdapat di atas dan dibawah dokumen.
Langkah untuk membuat header dan footer yaitu 
a) Klik Insert
b) Pilih Header

c) Pilih Footer


d) Page number digunakan untuk memberikan nomor atau halaman pada dokumen.







About Me